4 Cara Menyamarkan atau Menghilangkan Bau Langu Pada Wortel - PH

Monday, November 27, 2017 Dicky Perdana Putra 0 Comments

Permudah Hidup -

(Image: Shutterstock)


Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Setiap kali memasak untuk keluarga, saya selalu berusaha menyisipkan sayuran pada salah satu menu. Agar gizinya lebih komplit, saya memasukkan beberapa macam sayuran aneka warna sekaligus. Seperti sayuran hijau, kuning, putih, dan merah. Nah, salah satu sayuran yang tak pernah ketinggalan saya gunakan adalah wortel. Selama ini, wortel terkenal akan kandungan vitamin A-nya yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan mata.

Tapi ternyata manfaat wortel tak hanya sampai di sana saja lho. Wortel juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan risiko kanker, mengatasi sembelit, sampai membantu menjaga kesehatan kulit.

Sayangnya, dengan segudang manfaat tersebut, masih banyak orang yang enggan memakan wortel dan mengatakan jika wortel itu tidak enak. Padahal sebenarnya rasa wortel itu manis lho, hanya saja berbau khas yang sering dianggap berbau langu. Tapi tenang saja, dengan penanganan yang tepat, anda bisa kok menyamarkan bahkan menghilangkan bau langu tersebut.  Bagaimana caranya? Simak tips informasi di bawah ini.

1. Perhatikan pemilihan wortel

Sebelum membeli wortel, sebaiknya anda benar-benar teliti saat memilihnya. Usahakan untuk memilih wortel yang segar dan berkualitas baik. Pilih wortel muda yang keras dan tidak bonyok, jika diraba permukaannya terasa mulus, dan warnanya pun terlihat cerah dan mengkilat. Wortel segar dan berkualitas baik biasanya akan terasa manis dan tidak terlalu langu. Pastikan juga anda memilih wortel ukuran sedang (tidak terlalu kecil atau terlalu besar) yang sama besar.

Baca juga: Apa Bedanya? Wortel Impor vs Wortel Lokal

2. Perhatikan potongan wortel

Mungkin selama ini anda asal saja memotong wortel tanpa memperhatikan bentuk dan ukurannya. Padahal hal tersebut akan sangat berpengaruh pada rasa wortel lho. Pastikan anda memotong wortel dengan ukuran dan ketebalan yang sama rata. Akan lebih baik lagi jika anda memotongnya secara diagonal agar wortel lebih cepat matang. Dengan cara seperti itu, wortel akan matang secara merata juga. Jika anda memotong wortel dengan ukuran yang berbeda-beda, maka sebagian wortel akan terlalu lembek sedangkan sebagiannya lagi masih mentah.

3. Olah wortel sebelum dimasak

Selama ini, orang-orang lebih sering memasak wortel dalam keadaan mentah. Padahal hal tersebut kurang tepat lho, karena bau langu wortel cenderung akan tertinggal atau malah semakin kuat. Cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah merebus wortel dalam keadaan utuh terlebih dahulu. Setelah itu, anda bisa memotongnya untuk diolah menjadi sup atau tumis. Atau, anda juga bisa menghaluskannya untuk digunakan sebagai campuran dalam nugget, mie, cake, dan lain-lain.

4. Simpan wortel dengan benar

Jika anda berniat menyimpan wortel, maka simpanlah dengan cara yang benar. Pastikan anda memasukkan wortel yang sudah dipotong bagian atasnya ke dalam wadah berisi air dingin, lalu simpan di lemari es agar segar lebih lama. Hindari juga menyimpan wortel di dekat apel atau pir. Karena kedua buah tersebut mengeluarkan gas etilen yang bisa membuat rasa wortel menjadi pahit dan bau langu. Jika anda memiliki wortel yang sudah diiris-iris, anda bisa membungkusnya  dalam wadah kedap udara seperti kotak plastik, kaca, kertas, atau aluminium foil supaya wortel tidak kering, langu, dan bau.

Baca juga: Tips Memilih & Menyimpan Wortel

Nah, itu dia tips mengolah wortel agar tidak langu. Jika anda mempraktikkan tips di atas dengan tepat, dijamin deh hasil masakan berbahan dasar wortel anda tidak akan langu sama sekali. Sekarang saatnya mengolah wortel jadi aneka sajian unik, praktis, dan enak di sini.

The post 4 Cara Menyamarkan atau Menghilangkan Bau Langu Pada Wortel appeared first on ResepKoki.




Resep Koki

Postingan Serupa

0 comments: