5 Tips Membuat Tim Ikan yang Berbumbu Mantap & Bebas Amis - PH

Monday, December 11, 2017 Dicky Perdana Putra 0 Comments

Permudah Hidup -

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Karena gizinya yang tinggi, sebisa mungkin saya memasukkan olahan ikan ke dalam menu makanan sehari-hari. Minimal satu kali dalam seminggu, atau selang-seling dengan protein lainnya. Nah, karena ingin mengonsumsi ikan dengan cara yang lebih sehat, saya biasa mengolahnya dengan cara di-tim. Ikan yang biasa saya gunakan untuk tim adalah ikan kakap, tapi bisa juga diganti dengan ikan apa pun sesuai selera. Selama ini, banyak yang berpikir jika tim ikan itu punya rasa yang kurang nendang bahkan cenderung amis.

Tapi tenang saja, jika anda mengolahnya dengan tepat, rasa dari ikan tim ini tidak akan kalah kok dari olahan ikan lainnya. Poin plusnya, gizi yang anda dapat dari tim ikan ini lebih maksimal, karena proses mengukus bisa menjaga kandungan gizi dalam ikan agar tidak berkurang terlalu banyak. Simak tips membuat tim ikan bebas amis dan berbumbu mantap berikut ini.

1. Pilih ikan yang masih segar

Agar mendapatkan ikan yang bebas bau amis, usahakan anda memilih ikan yang masih segar. Ciri ikan yang masih segar adalah masih hidup dan bergerak aktif. Selain bisa meminimalisir bau amis, rasa dari ikan segar biasanya lebih manis dan juicy, sehingga akan sangat cocok diolah dengan cara di-tim.

2. Perhatikan cara membersihkan ikan

Setelah mendapatkan ikan yang segar, anda juga harus memperhatikan cara membersihkannya. Caranya adalah siangi ikan terlebih dahulu, bersihkan, lalu lumuri dengan garam dan air perasan jeruk nipis. Biarkan ikan sebentar, setelah itu cuci kembali ikan di air mengalir sampai benar-benar bersih dan hilang lendirnya.

3. Tumis bumbu ikan terlebih dahulu

Yang namanya tim ikan, pasti disiram dengan saus tiram yang dicampur dengan bumbu dan irisan bahan lainnya. Nah, karena tim ikan hanya diolah dengan cara dikukus, anda perlu menumis bumbunya terlebih dahulu sebelum dicampur dengan saus tiram. Hal tersebut bertujuan agar nantinya saus tidak berbau mentah atau langu yang membuat rasa tim ikan menjadi kurang enak.

4. Kukus ikan dua kali

Ada yang unik dari cara pembuatan tim ikan, yaitu proses pengukusannya yang dilakukan dua kali. Yang pertama, kukus ikan tanpa bumbu selama kurang lebih lima menit. Setelah itu angkat wadah ikan dan buang air yang berada dalam wadah tersebut. Jika air sudah dibuang, lumuri permukaan ikan dengan saus atau tumisan bumbunya secara merata, lalu kukus lagi ikan selama kurang lebih dua puluh menit atau sampai ikan benar-benar matang dan bumbu meresap.

5. Segera angkat tim ikan begitu matang

Jika ikan anda sudah matang, sebaiknya anda segera mengangkat wadah ikan sesaat setelah kompor dimatikan. Hal tersebut dilakukan demi menghindari ikan overcooked, atau terlalu matang. Karena meskipun kompor telah dimatikan, proses memasak dalam panci masih terjadi karena uap panasnya masih ada. Setelah itu, usahakan segera mengonsumsi tim ikan selagi masih hangat agar rasanya lebih nikmat.

Itu dia tips membuat tim ikan yang bisa anda coba sendiri di rumah. Mudah, sehat, dan pasti tetap lezat. Ikuti resep praktis tim ikan kakap di sini.

The post 5 Tips Membuat Tim Ikan yang Berbumbu Mantap & Bebas Amis appeared first on ResepKoki.




Resep Koki

Postingan Serupa

0 comments: