5 Tips Membuat Sendiri Kulit Kebab atau Tortilla yang Enak & Sukses - PH

Monday, December 11, 2017 Dicky Perdana Putra 0 Comments

Permudah Hidup -

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Setelah melihat acara kuliner di televisi yang menayangkan tentang kebab, tiba-tiba saya jadi ingin makan makanan khas Turki tersebut. Rasanya saya sudah lama juga tidak membuatnya. Membayangkan betapa nikmatnya paduan antara kulit tortila yang empuk, olahan daging, serta sayuran dan saus membuat air liur saya menetes. Akhirnya tanpa pikir panjang, saya pun segera pergi ke supermarket terdekat untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan.

Sebenarnya, sekarang sudah banyak kulit tortilla instant yang tinggal di-thawing atau dipanggang saja, tapi saya lebih prefer membuatnya sendiri di rumah. Meskipun sedikit lebih ribet, tapi sebanding dengan kenikmatan hasilnya. Nah, jika anda tertarik juga membuat kulit tortilla sendiri di rumah, tidak perlu takut gagal dengan tips di bawah ini.

1. Perhatikan pemilihan tepung

Ternyata, anda tidak bisa sembarangan lho menggunakan tepung untuk membuat kulit tortilla. Sebaiknya, gunakan tepung terigu protein sedang. Lalu campur dengan bahan-bahan lain seperti susu cair, minyak zaitun, baking powder, dan garam.

2. Hindari langsung menggunakan adonan

Setelah adonan tortilla diuleni, sebaiknya anda jangan langsung menggunakannya. Bentuk adonan jadi bulatan besar, simpan di dalam wadah yang ditutup dengan plastik wrap atau lap bersih selama kurang lebih tiga puluh menit. Jika sudah tiga puluh menit, bagi adonan menjadi 4-5 bagian kecil dan bulatkan. Lalu diamkan kembali selama sepuluh menit.

3. Perhatikan cara menggilas atau memipihkan adonan

Saat anda akan menggilas adonan tortilla, pastikan menaburi alas kerja atau meja dapur dengan sedikit tepung terigu. Fungsi tepung terigu tersebut adalah agar adonan tidak lengket dan rusak. Setelah itu ambil bulatan adonan dan pipihkan dengan rolling pin sampai adonan pipih dan bentuknya menjadi bulat lebar.

4. Perhatikan cara memanggang tortilla

Berbeda dengan cara memanggang makanan lain yang membutuhkan tambahan minyak atau mentega, anda justru tidak boleh menggunakan minyak atau lemak untuk memanggang kulit tortilla. Karena hal tersebut hanya akan membuat kulit tortilla renyah dan sulit digulung. Anda cukup memanggang kulit tortilla di teflon atau wajan masak datar lain yang kering dengan api kecil. Tunggu sampai adonan tortilla mengembung, lalu balik dengan hati-hati agar kulit tortilla tidak rusak. Jika sudah terdapat bercak cokelat pada permukaan tortilla, segera angkat dan sisihkan.

5. Tutup tortilla dengan kain bersih

Agar mudah digulung, kulit tortilla harus selalu dalam keadaan lembap. Nah, cara mengakalinya adalah dengan menutup kulit tortilla yang sudah matang dengan kain lap bersih. Hal tersebut membantu agar tortilla tidak kering dan mudah digulung.

Ternyata membuat kulit tortilla itu sangat mudah, kan? Selain kebab, kulit tortilla juga bisa anda olah jadi taco dan burrito ala Mexico, disajikan manis dengan es krim dan selai nutella, atau dicampurkan ke dalam salad dan sup favorit.

The post 5 Tips Membuat Sendiri Kulit Kebab atau Tortilla yang Enak & Sukses appeared first on ResepKoki.




Resep Koki

Postingan Serupa

0 comments: