5 Tips Mengolah Lidah Sapi Agar Empuk & Bebas Bau Tak Sedap - PH

Monday, December 11, 2017 Dicky Perdana Putra 0 Comments

Permudah Hidup -

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Saat pergi ke pasar kemarin, saya tidak sengaja melihat potongan lidah sapi di salah satu pedagang daging. Awalnya saya tidak berniat membeli, tapi karena lidah sapi tersebut terlihat sangat segar, saya pun tergoda untuk membawanya pulang ke rumah untuk diolah menjadi bistik lidah sapi kesukaan saya. Selama ini, beberapa orang menganggap jika mengolah lidah sapi itu cukup sulit.

Nah, masalah yang paling sering muncul saat memasak lidah sapi adalah bau amisnya yang kuat. Belum lagi teksturnya yang keras dan alot. Jadi anda harus pintar-pintar saat mengolahnya. Tapi tenang saja, jika anda tahu cara mengolahnya dengan tepat, maka anda bisa mendapatkan masakan berbahan dasar lidah sapi yang empuk, lembut, tidak bau anyir, dan enak pastinya. Simak selengkapnya berikut.

1. Pilih lidah sapi yang masih segar

Jika anda ingin lidah sapi yang tidak berbau amis, saya sangat menyarankan anda memilih lidah sapi yang masih segar. Cirinya adalah tekstur lidah kenyal ketika ditekan, tidak lembek, dan tidak berlendir. Hindari membeli lidah sapi yang lembek, berbau, dan berlendir. Karena bisa dipastikan lidah tersebut sudah tidak segar.

2. Cuci bersih lidah sapi

Meskipun sudah memilih lidah sapi yang segar, bukan berarti lidah sapi sudah benar-benar bebas bau amis. Karena itu, anda harus mencuci lidah sapi sampai benar-benar bersih. Anda juga bisa menambahkan air perasan jeruk nipis demi memastikan lidah sapi anda sudah benar-benar tidak berbau amis.

3. Rebus lidah sapi terlebih dahulu

Karena teksturnya yang kenyal, maka anda wajib merebus lidah sapi terlebih dahulu sebelum diolah menjadi aneka masakan. Rebus  lidah sapi dalam panci presto bersama pekak, daun salam, daun jeruk, serai, jahe, dan lengkuas selama kurang lebih dua puluh menit. Tapi jika anda tidak punya panci presto, anda bisa merebus lidah sapi di panci biasa sampai empuk.

4. Kupas atau kuliti bagian luar lidah sapi

Meskipun sudah direbus sampai empuk, biasanya bagian luar lidah sapi masih keras. Karena itulah, sebaiknya anda mengupas bagian terluar lidah sapi dengan pisau yang benar-benar tajam. Kupas tipis saja agar bagian daging lidah sapi yang terbuang tidak terlalu banyak. Lalu potong-potong lidah sapi dengan ukuran yang disesuaikan dengan jenis masakan anda.

5. Masak lidah sapi dengan bumbu dan rempah

Jika daging lidah sapi anda sudah siap olah, sekarang anda tinggal menyiapkan bahan tambahan lainnya untuk dimasak. Nah, agar bau amis pada lidah sapi benar-benar tersamarkan, pastikan anda mengolahnya dengan menggunakan berbagai bumbu dan rempah sesuai dengan jenis masakan yang diinginkan.

Ternyata mengolah daging sapi itu tak sesulit yang dibayangkan. Jika mengikuti tips di atas dengan benar, anda pasti bisa menghidangkan sajian olahan lidah sapi yang lezat untuk keluarga.

The post 5 Tips Mengolah Lidah Sapi Agar Empuk & Bebas Bau Tak Sedap appeared first on ResepKoki.




Resep Koki

Postingan Serupa

0 comments: